Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho (Tips Penyiar)

Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho (Tips Penyiar)
Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho
Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho (Tips Penyiar) - Jadi penyiar mungkin adalah keinginan terbesar bagi sebagian orang dan mungkin hanya keinginan kecil bagi sebagian lainnya. Penyiar merupakan penghibur. Ya, penghibur tanpa wajah dan tampilan fisik yang dapat dilihat, layaknya artis ditelevisi. Jadi penyiar itu gak segampang yang dikira lho guys.. Kenapa? Karena buat jadi penyiar yang disukai audience, kalian harus punya metode dan trik-trik gimana menarik perhatian para pendengar diluar sana. Kalian hanya bermodalkan suara, dan bukan tampang yang akan dipamerkan. Lalu apa ajasih teknik serta tips yang diperlukan buat jadi penyiar yang baik dan menarik? Cek tipsnya dibawah ini yuk ..

1. Natural Voice Yang pertama adalah Natural Voice. Apa itu? Natural voice adalah suara alami kalian. Jangan gunakan suara yang dibuat-buat pada waktu siaran. Para pendengar pasti tahu mana suara alami dan mana suara yang dibuat-buat. Bicaralah seperti kalian berbicara pada teman kalian.

2. Ceria Cheering Up! Ya, ceria adalalah tips kedua. Hal ini penting untuk semua penyiar radio. Jadilah seorang penyiar yang mampu membawa suasana ceria dan penuh semangat untuk pendenganya. Jangan tunjukkan kesedihanmu disaat siaran. Be cheerful guys!

3. Suara Diafragma Teknik ketiga adalah gunakan suara diafragma. Suara diafragma adalah suara perut. Pakailah suara perut saat siaran, jangan gunakan suara dada. Suara ini adalah suara yang keluar dari rongga antara dada dan perut. Duduklah dengan posisi yang tegak, jangan bungkuk dan rileks. Sehingga suara yang dihasilkan dapat didengar dengan jelas dan tidak pecah saat siaran.

4. Conversational Bicaralah dengan gaya ngobrol. Penyiar radio adalah penghibur. Penghibur harus mampu membuat pendengarnya merasa terhibur. Bicaralah seperti kalian ngobrol dengan teman kalian. Jangan berbicara layaknya orang pidato atau seorang MC. Gunakan saja kalimat percakapan sehari-hari, agar mudah dipahami semua pendengar kalian.

5. Senyum Senyumlah saat siaran. Senyum saat siaran diperlukan karena agar suara kalian terlihat tetap ceria, hangat, ramah dan enak didengar. Pendengar akan merasa bahwa kalian orang yang menyenangkan, karena suara kalian akan terdengar begitu hangat.

6. Atur Nafas Jangan lupa atur nafas. Jangan sampai ketika siaran, kalian berhenti ditengah kalimat untuk mengambil nafas. Tentu hal ini sangat menggaggu pendengar bukan? Seorang penyiar harus tau kapan dia bisa mengambil nafas ditengah siarannya. Jangan sampai memotong kalimat yang kalian ucapkan.

7. Intonasi Nada Suara Gunakan intonasi dan nada suara yang pas. Gunakan irama saat berbicara, dan pastikan intonasi kalian pas. Jangan sampai siaran kalian terlihat terlalu heboh, monoton atau terkesan datar tanpa emosi didalamnya.

8. Artikulasi dan Clarity Kalian harus jelas saat mengucapkan huruf a, i, u, e, o. Karena kalian menggunakan microphone saat siaran, kadang pelafalan huruf tidak terdengar jelas. Untuk mengatasi itu, atur artikulasi bicara kalian agar pelafalan huruf ini jelas dan dapat diterima dengan baik oleh pendengar

9. Kecepatan Bicara Ingat! Kalian bukan sedang membaca cepat seperti anak SMA. Kalian adalah penyiar dan kalian adalah penghibur. Jangan terlalu cepat berbicara, karena pasti pendengar tidak bisa menangkap maksud yang kalian sampaikan. Namun jangan terlalu lambat, karena akan membuat pendengar bosan. Gunakan kecepatan normal kalian bicara dengan teman kalian.

10. Fokus Yang terakhir dan paling penting adalah Fokus! Fokus artinya kalian harus bisa memusatkan pikiran kalian disitu. Jangan pikirkan hal lain yang mungkin akan mengganggu siaran kalian. Kuasai materi, pahami dan fokuslah terhadap materi tersebut sehingga kalian tidak melenceng dari acara.

Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho (Tips Penyiar)

0 Response to "Jadi Penyiar yang Asik? Mudah Lho (Tips Penyiar)"

Post a Comment