Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar)

Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar)
Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar)
Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar) - Sebenarnya ini tabu juga, tetapi kenapa tidak saya kemukakan sedikit tidaknya kita harus berbagi, tetapi bil rizki kenapa tidak Sobat yang ingin jadi Penyiar radio misalnya, akan terlaksana segera. Banyak sekali  di antara sobat-sobat yang merasa ingin mencoba memainkan peran di radio, entah itu jadi Penyiar, marketing, produksi atau lainya. Kata kunci awal adalah PENGALAMAN itu sudah pasti. Bagaimana kalau kita belum berpengalaman apakah bisa ? Jawabannya BISA SAJA dengan memulai menekuni dunia ke-radio-an, entah itu ngomong sendiri latihan siaran atau sekedar belajar pendekatan personal dengan orang-orang radio mampu membantu radio ataupun hal lain selain itu ke arah personalitas.

Sebenarnya tidak ada istilah KKN dalam dunia radio, sebenarnya mencari bibit penyiar bukan hal yang mudah untuk radio-radio tertentu karena mungkin ada metoda khusus, entah itu dari Gendre yang di bawakan atau karena berbagai macam hal yang mengharuskan Perusahaan radio tersebut selektif. Kita sebagai seorang yang mengharapkan harus mampu menembus semua itu dengan kemampuan yang ada, belajar dan mengetahui situasi dari radio tersebut. Jika radio tersebut hanya menyiarkan berita mungkin Sobat harus pandai membawakan berita, kalau radio tersebut humor, Sobat juga harus pandai membawakan sesuatu yang humor dan kalau bisa dengan gaya sendiri tida menjiplak 100% orang lain, itu kalau kita ingin jadi penyiar.

Lowongan di radio memang kadang ada kadang juga susah, Pendekatan personal dengan seringnya kita membantu mereka itu adalah cara awal. Tetapi harus memiliki skill dalam dunia itu, Bodoh kita jika ingin kerja di radio tapi tidak mampu dan tidak tahu peradioan. Minimalnya kita mengetahui sedikit saja jangan sampai suatu hari ada test penyiar Sobat gelagapan.
Melamar jadi penyiar
1 . Pastikan Radio tersebut sedang mencari penyiar.
2 . Bikin sample Voice dengan kualitas baik jangan menggunakan handphone, karena suara yang di hasilkan terkompres dan tidak jelas.
3 . Sample Voice kemudian  di burn ke CD.
4 . Kirim Surat lamaran komplit dengan surat kelakuan baik dari kepolisian dan jangan lupa ijazah terakhir sertakan sample Voice yang sudah di buat.
5 . Usahakan datang sendiri ke Radio dan bisa bertemu dengan Staff supaya surat lamaran kita benar-benar sampai.
6 . Tunggu panggilan.

Interview Calon Penyiar

Setelah lamaran kita di terima biasanya bakal ada undangan untuk mulai test penyiar atau interview, siapkan mental.

Saat interview (wawancara) usahakan tenang dan jawab sesuai keyakinan tetpai tidak menyombongkan diri, biasanya sebelum interview dengan reqruitment kita akan di kasih semacam polling atau review, entah itu berisi tentang pengetahuan radio termasuk didalamnya ada pertanyaan tentang musik, gendre, definisi radio mungkin dan yang paling sensitif adalah pertanyaan GAJI (SARALY).Hindari jika ada jebakan pertanyaan tentang gaji, biarkan dan kosong saja. Jawab pertanyaan atau polling dengan kemampuan kita.
Test Calon Penyiar

Ada di antara sekian banyak calon penyiar malah malu-malu untuk tahap ini, grogi dan kalangkabut, sering kali ada yang langsung ngundurin diri J.

Usahakan kita saat test siaran jangan asal-asalan, anggap kita udah bener-bener di ruang siar, Keluarin kemampuan sehebat mungkin, ingat JANGAN SAMPAI DI ULANG (Biasanya test siaran di rekam).

Mampu berkomunikasi layaknya penyiar sungguhan, ber imajinasi tingkat tinggi untuk mencapai klimax yang baik. Karena biasanya seorang yang sudah terbiasa dengan dunia siaran aja bisa kacau balau kalo lagi test (itu biasa).

Terakhir biasanya kita akan menunggu panggilan dan ketika panggilan datang kita akan interview kedua kalinya, biasanya langsung ngobrol dengan boss dan pertanyaan yang paling sensitif adalah GAJI lagi.

Jika Gaji yang di tanyakan maka perlu di jawab jika Sobat adalah bukan orang baru di radio, jika orang baru kembalikan pertanyaan itu pada yang bertanya, Contoh “ Soal gaji tidak menjadi hambatan, Karena saya tahu radio itu bagaimana, yang penting adalah kesempatan buat saya”

Jika Sobat terpilih untuk percobaan 3 bulan, sobat harus lebih meyakinkan bahwa sobat mampu bekerja sama dengan yang lain karena radio adalah TEAM. Dan semoga harapan dan cita-cita sobat bisa terkabul, amiiin. GOOD LUCK
Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar)

0 Response to "Tips Melamar Kerja Ke Radio (Tips Penyiar)"

Post a Comment