Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar)

Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar)
Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar)
Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar) - Bagi sebagian orang, profesi yang satu ini dinilai sangat menyenangkan. Namun siapa sangka,  untuk menjadi seorang penyiar radio (announcer), tidak cukup jika hanya bermodalkan suara yang bagus saja. Tentu, suara bagus pun harus ditunjang dengan kemampuan (capability), keterampilan (skill) dan kreativitas. Wah…kesannya jadi seorang penyiar radio susahnya minta ampun. Padahal pada dasarnya, tidak ada yang mudah jika kemauan tidak diimbangi dengan kemampuan, dan tidak ada yang susah jika ada niat dan usaha. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk terjun di dunia siaran radio, berikut ini adalah beberapa modal utama yang perlu dimiliki seorang penyiar radio.
1.         Suara
Tentu saja, suara menjadi modal utama seorang penyiar radio. Namun suara yang bagus bukan berarti memiliki suara layaknya seorang penyanyi. Suara seorang penyiar radio adalah suara yang berkarakter (memiliki warna suara yang khas, artikulasi yang jelas dan intonasi yang terkontrol) serta original (meski memiliki panutan, namun menjadi diri sendiri itu lebih penting). Nah, karakter suara inilah yang akan berpengaruh pada imajinasi para pendengar.
2.         Kemampuan (capability)
Seorang penyiar dituntut untuk cerdas, karena ia harus mampu menyampaikan informasi dengan baik, benar dan menarik kepada pendengar. Untuk hal yang satu ini, seorang penyiar harus mampu mengendalikan emosi dan perasaannya, memiliki sense of humor serta mengembangkan feather of mind; yang artinya mengandalkan kekuatan audio untuk memvisualisasikan suatu keadaan. Untuk menunjang kemampuannya, seorang penyiar dituntut untuk berwawasan luas dan terus mengikuti perkembangan informasi.
3.         Keterampilan (Skill)
Berbicara yang baik, benar dan menarik tentu adalah hal yang gampang-gampang susah. Tidak mengherankan jika keterampilan utama seorang penyiar adalah keterampilan ‘ngomong’. Namun, seorang penyiar tidak hanya bertugas untuk berbicara saja, tetapi juga mengoperasikan perangkat siar (mic, mixer dan computer). Karena itulah, kemampuan yang dimaksud tidak hanya kemampuan berbicara atau menyampaikan informasi pada pendengar, tapi kemampuan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan dunia penyiaran.
4.         Sikap (Attitude)
Untuk beberapa radio, attitude atau sikap ternyata menjadi poin terpenting kedua setelah memiliki suara yang bagus. Seorang penyiar (meski di radio lokal sekalipun), telah menjadi public figure yang secara tidak langsung menjadi panutan banyak orang. Karena itulah, ‘sikap‘ turut menjadi modal terpenting seorang penyiar. Selain itu, profesi ini membutuhkan pribadi-pribadi yang mampu bekerja sama dalam tim.
 Nah, kalau kamu merasa punya modal di atas dan tertarik dengan dunia radio, tidak ada salahnya mencoba untuk menggeluti profesi ini.
Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar)

0 Response to "Jadi Penyiar Radio Yuk...? (Tips Penyiar)"

Post a Comment